Thursday, June 30, 2016

[Book Review] Kisah-Kisah Tengah Malam oleh Edgar Allan Poe



Judul: Kisah-Kisah Tengah Malam
Penulis: Edgar Allan Poe
Penerjemah: Maggie Tiojakin
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun: 2010 (Pertama kali tahun 1967)
Halaman: 245
Genre: Horror, Mystery, Gothic

Blurb

Kisah-Kisah Tengah Malam berisi tiga belas cerita pendek karya klasik Edgar Allan Poe. Masing-masing cerita di sini akan membawa pembaca menuju pengalaman unik yang penuh ketegangan, teror, dan misteri. Beberapa cerpen Edgar Allan Poe yang terkenal seperti Black Cat, The Fall of the Usher, dan Tell-Tale Heart bisa Anda temukan dalam kumpulan cerpen ini.

Saat membaca Kisah-Kisah Tengah Malam, Anda akan diajak memasuki rumah tua misterius, pembalasan dendam, kegelisahan sang pembunuh, hingga terombang-ambing dalam badai di lautan. Dan pada akhirnya, cerpen-cerpen pilihan di sini akan membawa Anda terkagum-kagum pada master horor gotik, Edgar Allan Poe.



Review

Reading challenge bulan ini temanya menantang banget menurut aku, yaitu harus membaca sekaligus mereview buku bergenre suspense!

What???

Jelas itu bukan genre yang biasa aku baca karena aku lebih suka genre romance, fantasy, intinya gak pernah baca genre suspen apalagi horor.

Karena penjelasanku di atas, sudah bisa ditebak dong kalau aku gak punya buku bergenre tersebut, malah awalnya aku gak tau apa saja buku yang tergolong genre suspense. So, aku menyempatkan untuk googling dan akhirnya ketemu beberapa judul buku yang aku kenal, tapi sayangnya gak ada yg punya temen-temenku, akhirnya saat aku ke toko buku, muncul deh ide baru untuk memutuskan membaca buku Sherlock Holmes dan kebetulan temenku punya buku karya Edgar Allan Poe, sekalian deh aku pinjam.

Dan yang berhasil aku baca dulu adalah karya Edgar Allan Poe "Kisah-Kisah Tengah Malam".

------------------------------

Buku ini merupakan kumpulan cerpen, seperti yang telah disebutkan di bagian blurb. Terdiri dari 13 cerita pendek yang masing-masing memiliki ketertarikan sendiri-sendiri walaupun ada beberapa cerpennya yang memiliki setting tempat yang sama.

Dibuka dengan cerpen berjudul "Gema Jantung Yang Tersiksa", dimana pembaca akan diajak berkenalan dengan sang pelaku pembubuhan yang dihantui rasa bersalahnya karena aksi keji yang telah ia perbuat.

Awalnya aku berfikir akan sangat menakutkan untuk membaca buku ini, tapi ternyata pikiran itu tidak sepenuhnya betul. Setelah aku memberanikan diri membaca buku ini kesan "menakutkan" kurang aku dapatkan, padahal sang pemilik buku ini mengatakan padaku sebelum kalau ceritanya bakalan nyeremin banget, dilihat dari kovernya aja udah nyeremin.

Tapi setelah aku baca sendiri, aku tidak sepenuhnya ketakutan, malah ada beberapa cerpen yang membuatku sedikit merasa bosan.

Menariknya dari buku ini, pembaca akan diajak untuk mereka-reka tentang akhir dari cerpen yang tak jarang mengagetkan, poin inilah yang aku suka dari buku ini.

Mungkin kalian penasarang dengan karya Edgar Allan Poe, bisa nih baca karyanya yang satu ini!

3 dari 5 bintang untuk  Kisah-Kisah Tengah Malam oleh Edgar Allan Poe!

Kalian pernah baca buku bergenre suspense? Bisa sebutkan judulnya di kolom komentar di bawah ini ya. Kalian juga bisa membagi cerita tentang kesan membaca buku bergenre suspense, let me know it!

0 comments:

Post a Comment

 

Keep Moving! Template by Ipietoon Cute Blog Design