Saturday, December 21, 2019

UNTOLD, JUST READ #5 SEMESTER 5, RUSUH!




Semester 5, artinya ini merupakan tahun ketiga sebagai seorang mahasiswa. Hingga sekarang pun aku masih sering berpikir betapa cepatnya waktu berlalu, udah semester lima aja. Oke bisa, pasti bisa.

Harus balik lebih awal karena ada jadwal ngajar di tempat les, lesnya anak SD-SMP. Sedih tapi butuh duit juga gimana dong. Paling sedih pas denger bapak bilang, “Udah balik Jember lagi?” oke siapa ini yang ngiris bawang huaaa.

Tapi karena jadwal perkuliahan memang belum dimulai, jadi aku balik ke Jember sudah dari Agustus, kalau gak salah jadwal kuliah baru dimulai September akhir. Selama bulan Agustus aku bolak-balik Jember-Probolinggo, jadi baru kali ini tiap minggu pulkam.

Sebenarnya aku mulai memutuskan untuk ngelesi adalah pada semester 4, bulan Maret kalau gak salah. Berawal dari pengumuman lowongan kerja di grup whatsapp dan jeng-jeng-jeng, akhirnya bisa punya pengalaman buat ngelesi, alhamdulillah.

Awal ngelesi gak ada masalah walaupun akomodasi harus pakai ojek online. Sampai masuk kuliah awal-awal juga masih bisa aku bagi waktu untuk kuliah dan ngelesi. Tapi semua itu berubah ketika ongkos ojek online naik dan tugas kuliah mulai gak karuan. Tiba-tiba proker UKM nyerobot waktu dan tempat. Di sinilah awal mula aku bertemu dengan titik jenuh.

Jenuh

Pingin diem aja gitu gak ngapa-ngapain

Blank kosong....

Pernah gak sih kalian ada di titik ini?

Gak kuat nyimpen sendiri, akhirnya curhat. Habis curhat, lumayan dapet pencerahan, pilihan akhir adalah harus ada yang direlakan, ya, harus. Aku memilih untuk resign dari tempat les, tentunya dengan beberapa pertimbangan. Itulah kenapa aku pernah buat tweet yang bunyinya kira-kira seperti ini:

“Disaat yg lainnya berbondong-bondong baru memulai, aku baru saja ingin mengakhiri”

Jadilah kesibukankku perpusat pada kuliah dan UKM.

Sejauh ini masih baik-baik saja

Orang-orang baik

Dikasih love, dikasih semangat

Sampai chat gak dibales, tapi yang ini masih biasa aja.

Oke sebenernya, semester ini dibuat kagum sama satu orang baru, gak baru-baru amat sih, anak satu UKM, ehem. Hahaha. Gara-gara dibuat kagum berkat kinerja di salah satu proker, terus dibuat pangling bolak-balik karena doi habis potong rambut. Iya, awal-awal aku kaya gitu, eh ini doi bukan ya, kok beda? Tapi bulan berlalu, karena proker jadi lebih sering ketemu akhirnya gak pangling lagi, maaf lho mas, hehehe.

Perlahan, satu dua hal aku tahu perihal doi, sambil terus bertanya-tanya, ini perasaan macam apa ya? sampai diakhirnya dikasih tahu satu hal yang buat aku mikir, mungkin bukan dia, atau entahlah mungkin bukan sekarang.

Banyak banget yang berlalu, jalan-jalan karena proker hehe, jadi panitia LKTN, panitia ini, panitia itu, les bahasa.

Bentar, tadi katanya semester 5 rusuh, mana rusuhnya?

Oke, itu dimulai ketika tugas kuliah, praktikum, proker bertemu disatu titik. Gejalanya? Aku mulai menghindari whatsapp, males online, chat semua isinya jadi freak!

Mulai kepikiran untuk skip kelas gara-gara tugas belum kelar, tapi setiap itu pula auto mikir ortu jadi pingin mewek huaaa. Sampai-sampai di otakku kepikiran buat semedi ajalah nanti liburan kudu get lost entah kemana itu yang bener-bener bisa kasih waktu sendiri buat semedi, menyendiri. Kepikiran sih pingin kaya duduk di ujung tebing sambil menghirup oksigen dengan sebanyak-banyaknya.

Semester ini rusuh gara-gara ada pressure di akhir semester. Menguras mental banget dan kaitannya sama tugas kuliah. Mau berangkat studi lapang, dateline masih numpuk, setelah studi lapang pun gak jauh beda, gila gak tuh?!

Pagi-pagi udah keburu ngeprint gegara lupa dan akhirnya dikejar waktu, print harus berwarna mana duit tinggal selembar akhirnya nyari ATM terdekat, geseklah, dan ternyata belum juga selesai presentasi udah dapet next kelompok gara-gara isi PPT gak sesuai ekspektasi dosen tentunya. Oke, mulai gak karuan.

Ngurusi SPJ, meskipun gak berperan banyak sekalinya bisa bantu harus lari-lari ala running man dan syukurnya masih ada waktu dan ketemu manusia keuangan baik banget masyaallah warbiazah, pingin ketawa dan nangis gara-gara terharu kalau ingat ini. Masih di hari yang sama, belum sempat ganti baju habis magrib lanjut acara prodi lanjut lagi beli bahan tugas selanjutnya lanjut terus sampai rapat, modiarrr sudah. Berakhir dengan pulang malam padahal besoknya numpuk revisian dan tugas berlembar-lembar.

Aku pernah bilang kalau selama aku kuliah aku gak pernah ngonsumsi kafein yang bener-bener kafein, tapi akhir-akhir ini aku mematahkannya karena itulah yg kubutuhkan untuk dapat berjaga dan mengerjakan tugas di last minutes, tentunya setelah beberapa pertimbangan. jadi aku menaruh harapan besar pada kafein bukan pada manusia kali ini. eaa

Harusnya waktu ada revisian tuh langsung dicatet gak malah hm iya hm iya aja payah. Ini terjadi di beberapa mata kuliah yang butuh revisi tapi kelakuanku masih tetep aja ngentengin ya gitu, gak maksimal hasilnya.

Masih ingat tadi di atas aku bilang waktu presentasi aku kena skip sama dosen, dan hal itu terjadi lagi di saat ujian dengan masalah yang sama, ini ujian men kena skip, apa kabar nilai akuuuu?! huaaaaaa. Ditambah lagi nilai responsi yang sangat mengecewakan karena kurang belajar padahal udah tau kalau materinya gak manusiawi, banyak banget, ges!

Proker penutup menorehkan sejarah, pertama kali selama kuliah masih ada dikampus sampai dini hari bahkan nginep sampai besoknya dong, demi suksesnya proker terakhir. Gila ya hahaha, dan di proker terakhir ini juga dikasih tau sifat-sifat baru yang beragam, nah ini nih salah satunya berhubungan sama doi yang tadi aku ceritain hehe.

Kalau direview ulang, banyak sekali hal-hal amburadul yang terjadi tapi aku berharap nilai akhir semester ini gak ikut amburadul, aaminn.

Akhir kata, terimakasih sudah bertahan hingga detik ini, kamu kuat, kamu hebat, tetap semangat!

Jember, 21 Desember 2019

0 comments:

Post a Comment

 

Keep Moving! Template by Ipietoon Cute Blog Design