Monday, December 12, 2016

[Book Review] Pangeran Cilik - Antoine de Saint-Exupery


Judul: The Little Prince
Penulis: Antoine de Saint-Exupéry
Alih bahasa: Listiana Srisanti
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Terbit: 2003
Tebal: 112 hlm.
ISBN: 979-22-0469-5

BLURB:

The Little Prince atau dalam edisi aslinya yang berbahasa Prancis berjudul le Petit Prince, adalah kisah klasik yang memiliki pesona tak lekang oleh waktu dan daya tarik melampaui batas usia dan kebangsaan sehingga menjadikannya buku berbahasa Perancis yang paling banyak diterjemahkan. Tak ada cerita yang lebih dicintai anak-anak maupun orang dewasa selain fabel yang bijak dan menyentuh ini.

Tak banyak kisah yang dalam cara dan tingkatan tertentu mengubah cara pandang pembaca terhadap dunia. Inilah salah satunya.


REVIEW:

Aku bingung harus memulai darimana, jujur saja karena buku yang aku baca kali ini sedikit berbeda dengan buku kebanyakan. Buku berjudul Pangen Cilik yang merupakan terjemahan berbahasa Prancis berjudul le Petit Prince ini disajikan dengan sudut pandang sebagai anak-anak, dan membuat saya membutuhkan waktu lebih untuk mengerti maksud yang disampaikan penulis.

Dari buku ini, saya menangkap bahwa maksud dari penulis adalah untuk mengomentari perilaku dan cara berpikir orang dewasa yang terkadang dibuat terlalu rumit, padahal masalah-masalah yang ada dapat diselesaikan dengan sederhana, sesederhana cara anak-anak berfikir.

Mungkin karena ini merupakan buku anak-anak, atau aku membacanya pada waktu yang kurang pas, atau karena alasan lainnya, yang jelas aku tidak benar-benar dapat menangkap semua isi dari buku ini.

Apakah aku melupakan cara berfikir seperti anak-anak? Padahal aku kan pernah menjadi anak-anak.

Kisah dalam buku ini dimulai dari tokoh utama sebagaiorang dewasa yang harus menghentikan perjalanannya di sebuah gurun di daerah Afrika karena pesawat yang ia kendarai mengalami kerusakan. Lalu, ia bertemu dengan sang Pangeran Cilik yang mengaku telah terjatuh ke Bumi. Mereka pun terlibat percakapan panjang lebar, tentang orang dewasa, tentang latarbelakang sang Pangeran Cilik, dan tentang banyak hal.

Mungkin banyak sekali sindiran yang diperuntukkan untuk orang dewasa, termasuk aku. Namun, seperti yang akukatakan tadi,bahwa aku tidak benar-benar berhasil menangkap semua isi buku ini.

“Jika kau berhasil menghakimi dirimu sendiri dengan benar, berarti kau benar-benar orang bijak.”- (hal. 48)


3 dari 5 bintang untuk Pangeran Cilik!

0 comments:

Post a Comment

 

Keep Moving! Template by Ipietoon Cute Blog Design