Thursday, December 15, 2016

[Book Review] Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi oleh Eka Kurniawan

 

Judul: Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi
Penulis: Eka Kurniawan
Penerbit: Bentang Pustaka
Terbit: Cetakan pertama, Maret 2015
Tebal: 170 halaman
ISBN: 6022910722

BLURB:

"Kalian orang-orang tolol yang percaya pada mimpi."

Mimpi itu memberitahunya bahwa ia akan memperoleh seorang kekasih. Dalam mimpinya, si kekasih tinggal di kota bernama Pangandaran. Setiap sore, lelaki yang akan menjadi kekasihnya sering berlari di sepanjang pantai ditemani seekor anjing kampung. Ia bisa melihat dadanya yang telanjang, gelap, dan basah oleh keringat, berkilauan memantulkan cahaya matahari. Setiap kali ia terbangun dari mimpi itu, ia selalu tersenyum. Jelas is sudah jatuh cinta pada lelaki itu.

"Eka Kurniawan: an unconventional writer."
- Weekender, The Jakarta Post


Review:

The reason why I did I choose this book?

Pertama, karena penasaran sama penulisnya. Aku belum pernah membaca novel-novel karangan Eka Kurniawan, jadi ini yang pertama. Aku tertarik sama penulis yang satu ini setelah melihat-lihat beberapa video ulasan buku yang dibuat oleh salah saru BookTuber Indonesia, yaitu Mbak Dhyn Hanarun, jadi di salah saru videonya membahas tentang buku-buku yang telah berhasil ia baca dalam kurung waktu tertentu dan sedikit menambahkan review dingkat pada setiap bukunya. Dan di sana, Mbak Dhyn sangat menunjukkan ketertarikannya pada karya Eka Kurniawan dan singkat cerita, pilihanku jatuh pada “Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi”.

Kedua, judulnya pangjang banget mashaallah, hahaha.

Karena judul yang panjang ini menurutku membuat suatu keunikan tersendiri.

Dan yang ketiga, karena kover!

Kovernya yang simple tapi sarat akan makna menurutku, keren dah!

***

Awalnya aku kira buku ini adalah novel, tapi ternyata bukan! Aku sempat heran karena buku ini tidak begitu tebal, dan benar saja setelah aku periksa ternyata buku ini adalah kumpulan cerita. Gak masalah, karena ini adalah pertama kalinya aku baca karya Eka Kurniawan.

Setelah aku baca hingga beberapa judul cerpen, aku menemukan perbedaan genre dan gaya bahasa yang digunakan penulis, tidak seperti kebanyakan penulis yang karya cerpennya aku baca sebelumnya, karya Eka Kurniawan yang satu ini kentara sekali unsur adult-nya. Dan jujur, aku mulai gak merasa nyaman dengan cerpen-cerpen selanjutnya.

Menurutku, cerpen yang pas atau nyambung dengan judul buku hanya ada beberapa, atau rasa kepekaanku kurang, tapi yang lainnya sangat sulit untuk diambil maknanya, bagiku.

Dari semua cerpen yang disajikan dalam buku ini, aku paling suka dengan cerpen yang dijadikan penutup buku ini.

Karena baru pertama kali membaca karya Eka Kurniawan, jadi hanya ini yang dapat aku sampaikan, kurang lebihnya terimakasih.

3 dari 5 bintang untuk kumcel dengan judul paling panjang, Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi!

“Suatu peristiwa yang terus dikenangnya, sebab peristiwa paling menyakitkan selalu merupakan yang paling gampang untuk diingat.” –hal. 77

0 comments:

Post a Comment

 

Keep Moving! Template by Ipietoon Cute Blog Design